Ruang Mimpi

Ada ruang mimpi, yang selalu hadir dalam pikiran tiap manusia

Ruang itu selalu terbuka lebar
Menunggu kesempatan masuk ke dalamnya
Menunggu keberuntungan menerangkannya
Menunggu waktu yang mau menunggu berjuta alasannya
Menunggu dan menunggu

Ada kala ruang itu hilang, tiba-tiba saja
Ada kala ruang itu membesar, memenuhi langit kepala
Ada kala ruang itu berjalan di tempat
Tanpa arah
Tanpa putaran
Hanya Diam

Entah bagaimana alam angan ini bekerja
Tak bisa lepas rasanya dari bayang hari lalu
Sejauh apapun geliat, tampak tak kuasa membuat nya berlari
Apakah memang seperti ini
Apakah memang hari tak bisa berlari
Apakah memang hati yang harus terus mengerti

Mimpi itu selalu ada
Namun sulit sekali untuknya terbangun menjadi Nyata

Advertisements

Stay Focus

Steve jobs said "Stay hungry, stay foolish"I’ll say, "Stay Focus".
Many of us recently not focus for what we’re doing.
There are so many branch of idea in our head. Neither one becoming reality.
We want everything, but we do nothing.
The only thing people to get the finish line is Focus.
Bolt won’t be fastest man in the world if he doesn’t focus on the finish line.
Messi won’t be 4 times world best football player if he doesn’t focus on the ball.
We only need focus.
F o c u s.

Di jemput hidayah

Menjalani perintah agama itu memang susah susah gampang. Susah kalau kita ngk tau ilmunya. Gampang saat kita tau ilmunya. Banyak orang berharap dirinya dijemput oleh hidayah. Mereka menganggap hidayah adalah hak prerogatif Tuhan. Maka jika belum mendapat hidayah, hidupnya masih bebas. I do what I like.

Hidayah pada dasar nya bisa kita jemput. Kita cari. Kita minta. Kita dekati. Kita aktif, bukan pasif.

Banyak jalannya. Yg paling mudah adalah perbanyak ibadah dan amal kebaikan. Insya Allah hidayah akan datang dengan cara yg begitu luar biasa. Ada beberapa hal yg bisa di coba.

Jika laki-laki, paksakan diri yg malas ini utk sholat fardhu di awal waktu secara berjamaah di tempat dimana adzan berkumandang. Gimana supaya ngk males? PAKSAIN. Lawan godaan setan. Saat sholat jumat, paksakan datang sebelum adzan berkumandang, duduk di barisan depan, perbanyak dzikir dan istighfar, dengarkan khutbah. Kalau ngantuk? sebelum ngantuk, PAKSAIN mata jgn pernah mencoba sekalipun untuk terpejam. Awalnya memang kita harus memaksa diri kita, karena hanya itu cara untuk melawan kebodohan diri kita.

Jika perempuan, ingat-ingatlah bahwa seluruh raga perempuan adalah aurat. Betapa Islam sangat mensucikan dan mengagungkan perempuan. Mulailah menghargai kesucian diri sendiri dengan menutupi nya. Perlombaan kecantikan adalah bisikan setan. Kelembutan dan ke-sholehan perempuan lah yg membuat nya lebih indah danlebih berharga dibanding perempuan lain.

Paksakan waktu sibuk mu untuk membaca Al-Quran, niat kan untuk khatam. Isi Al-Quran adalah Firman Allah SWT, kalimat dan bahasa langsung dari Allah SWT Sang Maha Pencipta untuk hambanya para manusia. Maka bacalah apa yg Allah SWT sampaikan kepada kita sebagai makhluk ciptaan nya.

Rencanakan puasa sunnah. Begitu banyak jurnal nasional dan internasional yg mengatakan betapa banyak nya manfaat puasa untuk ragawi kita. Apalagi rohani. Puasa adalah program pelatihan sekaligus program pemulihan.

Percayalah. Jika kita selalu berusaha mendekatkan diri pada Allah SWT. Hidayah akan begitu deras mengalir dalam kehidupan kita. Ketenangan hati akan menyelimuti perjalanan kita. Keikhlasan dan kebahagiaan akan datang menjemput kita.

Yg lebih baik

Banyak orang yg ditanya harapan apa untuk esok hari, jawabannya adalah menjadi lebih baik atau mendapatkan yg lebih baik.

Sedikit orang yg bangun pagi di esok hari nya bertanya pada dirinya, apa yg harus saya lakukan hari ini untuk mendapatkan hal lebih baik dari kemarin.

Banyak orang yg kembali melakukan hal yg sama setiap harinya, namun terus berharap hal yg lebih baik akan datang. Banyak yg berharap keajaiban. Hidup dalam angan. Membuai bisa hidup seperti sinetron yg mereka tonton di televisi.

Sedikit orang yg sadar bahwa sukses didunia (dalam arti mencari kekayaan & kesejahteraan) itu tidak didapat dengan banyak menonton tv, jalan-jalan ke mall, nongkrong, browsing internet ngalor ngidul, youtube, facebook jadi candu.

Banyak orang yg mengeluh mengapa keajaiban itu tak kunjung datang.

Sedikit orang yg setiap hari tidur malam nya hanya sebentar, mereka sadar tiket perubahan hanya ada di otak mereka, tangankaki mereka. Melatihnya secara intensif lah yg membuat hal yg lebih baik akan datang.

Banyak orang yg bernegosiasi dengan waktunya, bahwa kesenangan, sekecil apapun, harus dicari saat ini juga. Bisa karena dia ingin, atau karena orang lain senang, maka saya jg harus senang.

Sedikit orang yg bersabar. Bahwa kesenangan tidak harus datang sekarang. Kesenangan hanya efek domino, hanya hilir arus sungai. Semakin besar pengorbanan dan perjuangan di masa kini, maka energi dorong terhadap kesenangan dimasa depan akan semakin besar.

I have a dream..

Saya punya mimpi..

Memiliki anak.. setelah tiga tahun menanti.. walau jalan masih terjal dan berliku..

Biar harap terus menemani.. saya tak lelah menanti..

Saya jg punya mimpi…

Berkelana ke banyak negeri.. dengan ilmu yg ku punya.. walau harus selalu menjaga malam untuk membaca…

Biar waktu yg akan menjawab… saya tak kan berhenti berlari..

 

– 17 Oktober 2012 –

 

Buka mata hati telinga. Hidayah sudah disekelilingmu!

Manusia emang sering banget ngeluh.. nyesel… suka iri sama orang lain…
Padahal tiap manusia sesungguhnya sama..
Sama-sama makan ayam,daging,sayur,buah..
Sama-sama punya otak,mata,hati,telinga…
Sama-sama punya waktu kerja waktu tidur…
Tapi manusia ini tetep saja seneng banget jelekin dirinya sendiri… nginjek injek kehormatannya sendiri…
Gue nggak mampu, padahal raga nya lebih kuat…
Gue nggak pinter, padahal sekolah nya lebih tinggi…
Gue nggak rajin, padahal waktu nya lebih banyak…
Gue belom dapet hidayah, padahal hidayah ada dimana-mana…
Banyak banget orang yg di tiap doanya selalu minta diberi hidayah, diberi petunjuk, diberi bimbingan.. Mereka ngerasa klo jalan hidup mereka selama ini udah salah.. ngk punya arah.. maka berulang kali minta petunjuk…
Padahal hidayah ada dimana-mana…
Emang kita mau nya gimana si hidayah itu dateng? Ada suara dari langit gitu? Ada orang sholeh yg selalu bimbing kita gitu?
Saudaraku…. Allah SWT punya jalan sendiri untuk berkomunikasi dgn hambanya…
Pernah denger ceramah di tv? ceramah sholat jumat? baca buku agama? nonton film yg inspiratif? bahkan denger nasihat dari orang yg belum tentu baik?
Itttu semmua hidayah…
Sama kayak rejeki, kita nggak tau hidayah itu dateng nya darimana? oleh siapa? kapan dan dimana?
Bisa dari orang lewat, bisa dari anak kecil, bisa dari musuh anda, bisa dari uatad, bisa dari orang tua, bisa dari mannna ajja..
Jangan pernah mikir dari siapa nasihat/hidayah itu dateng… dengerin aja! resapin aja.. Fokus ke diri kita aja dulu.. introspeksi… kalo emang orang yg ngasi kita hidayah tidak lebih baik dari kita nggak usah dipikirriiinnn.. Allah SWT jg pasti hanya ingin kita jd lebih baik.
Buka mata. Buka telinga. Buka hati. Hidayah sudah ada disekeliling kita. Hanya kita yg tidak mau mendengar. Kita yg terlalu sombong. Kita hanya perlu menjalankan apa nasihat baik yg ada di sekitar kita.
Jalankan saja kebaikan itu. Dan tunggu saja balasan kebaikan selanjutnya dari Sang Penguasa Langit Bumi ini..

Sering Benar, Tidak Selalu Benar

Kenapa orang itu sombong? Sebab utamanya, mungkin orang itu terlalu yakin dirinya bener.

Mengapa ia terlalu yakin? Mungkin karena dia sering bener?

Kenapa dia sering bener? Mungkin karena dia pinter?

Wait.

Sering bener nya.

Berarti kadang-kadang salah dong ya.

Yes.

Sering berkata/berpikir benar, nggak berarti selalu bener.

Ada kalanya Salah.

Lalu gmn klo ada orang sombong akan kehebatannya, ternyata apa yg dia ungkapkan salah.

Well, best thing to do is just don’t be arrogant.

Step your feets always on the ground.

Cause human must have mistakes. Some hidden mistakes.

And you’ll never know…when will your mistakes unhide…